Skema Program Organisasi Penggerak


by Admin Kemdikbud | 12:42 pm


Seleksi


Pada tahap seleksi, Organisasi dapat melakukan proses registrasi dan mengirimkan proposal kepada Kemendikbud agar dapat dievaluasi dan diverifikasi. Jadwal registrasi dan pengiriman proposal adalah sebagai berikut:

  • Registrasi program Organisasi Penggerak dapat terus dilakukan hingga tanggal 16 April 2020.
  • Pengiriman proposal dapat dimulai pada tanggal 16 Maret 2020 sampai dengan 16 April 2020.

Pada tahap evaluasi, proposal dievaluasi oleh Tim evaluasi proposal yang terdiri dari kalangan independen dan berintegritas tinggi. Hal ini untuk menjamin tidak ada intervensi dari pihak dalam dan luar Kemendikbud. Adapun lini masa Program Organisasi Penggerak dapat dilihat pada gambar di bawah ini.



Implementasi


Pada tahap implementasi, Organisasi yang terpilih dapat menjalankan program dengan mengimplementasikan model-model peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah masing-masing kepada daerah sasaran. Harapannya setelah sekolah diintervensi oleh Program Organisasi Penggerak, terjadi peningkatan kualitas pembelajaran sehingga meningkatkan hasil belajar siswa dan capaian perkembangan anak. Pada tahap evaluasi, siswa yang berada pada sekolah intervensi akan diukur menggunakan Asesmen Kompetensi Minimum (SD/SMP) dan Instrumen Pengukuran Kualitas Pembelajaran serta Capaian Pertumbuhan dan Perkembangan Anak (PAUD).



Integrasi


Pada tahap integrasi, model dan praktik baik dengan perfoma terbaik akan diidentifikasi untuk selanjutnya diintegrasikan dengan program transformasi guru Kemendikbud. Harapannya sekolah yang diintervensi oleh Program Organisasi Penggerak akan menjadi Sekolah Penggerak yang dapat menggerakkan sekolah lainnya.