Judul Proposal
Peningkatan Kemampuan Guru Dan Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah Dengan Melaksanakan Dan Menyusun Penelitian Tindakan Kelas
Regional Sasaran
Kab. Sampang, Provinsi: Jawa Timur
Alamat Organisasi
Jl. Raya Tambelangan No 40, Kel. Tambelangan, Kec. Tambelangan, Kab. Sampang, Provinsi Jawa Timur.
Profil
Duta Cendekia Robbani, atau disingkat DCR adalah yayasan yang bergerak di sektor pendidikan, sosial, dakwah dan entrepreneur. Yayasan ini didirikan di Sampang Jawa Timur pada tahun 2015 dengan SK pengesahan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor : AH-0014064.AH.01.04. 2015 dan diketuai oleh Mahfud, S.Pd.I, MEI.
Saat ini, Yayasan Duta Cendekia Robbani telah masuk dalam daftar Program Organisasi Penggerak, yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI setelah mengajukan proposal berjudul “Pelatihan Membuat Karya Tulis Ilmiah Guru dan Kepala Sekolah untuk mensukseskan Gerakan Literasi Sekolah Dasar di Kecamatan Tambelangan Kabupaten Sampang”.
Pembentukan pelatihan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kondisi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kabupaten Sampang di seluruh provinsi Jawa Timur. Kabupaten Sampang memiliki IPM terendah di Jawa Timur dengan angka sebesar 61,94. Selain itu, pelatihan ini juga dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan dan kurangnya perhatian terhadap potensi gerakan literasi untuk masa depan di Kecamatan Tambelangan yang berada di pedalaman Kabupaten Sampang, sekitar 40 KM dari kota.
Kondisi di Kabupaten Sampang ini berbanding terbalik dengan pembangunan manusia di Jawa Timur pada tahun 2019 yang terus mengalami kemajuan. Pada tahun 2018, IPM Jawa Timur Mencapai 70,77 dan selanjutnya pada tahun 2019 mencapai 71,50 atau tumbuh 1,03 persen. Surabaya tercatat mempunyai IPM tertinggi dengan capaian IPM sebesar 82,22.
Program ini diharapkan dapat meningkatkan dan mewujudkan motivasi, pengetahuan, dan praktik mengajar guru dan kepala sekolah di Kecamatan Tambelangan. Hasil akhir dari program ini adalah pelaksanaan kegiatan seminar dan penulisan karya tulis ilmiah tentang peningkatan hasil belajar peserta didik dalam lingkup literasi dan karakter.
Siswa diharapkan terbiasa dengan kegiatan membaca mengingat pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode cooperative learning yang mewajibkan mereka membaca dan memahami materi sebelum pelajaran dimulai. Hal ini diharapkan dapat membantu siswa dalam mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) secara individu dan dapat mengikuti pembelajaran dengan sikap dan perilaku yang lebih baik dari sebelumnya yang ditunjukkan dalam hasil penilaian pembelajaran sebagaimana yang termuat dalam laporan penelitian kelas guru dan kepala sekolah.