Titian Masa Depan (Yayasan)

Judul Proposal

Teacher Quality Improvement (TQI) / Program Pengembangan Kompetensi Guru

Regional Sasaran

  1. Kab. Bantul, Provinsi: DI Yogyakarta
  2. Kab. Sleman, Provinsi: DI Yogyakarta
  3. Kab. Gunung Kidul, Provinsi: DI Yogyakarta
  4. Kab. Kulonprogo, Provinsi: DI Yogyakarta
  5. Kota Yogyakarta, Provinsi: DI Yogyakarta

Alamat Organisasi

Jl. Cikini Raya No.20, RT 13 RW 5, Kel. Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta.

Profil

Yayasan Titian Masa Depan (Titian) didirikan oleh Lily Kasoem pada tahun 2006. Sebagai manajer proyek untuk Soroptimist International, Lily adalah katalisator untuk membangun kembali Lamreh, sebuah desa di Aceh yang hancur akibat tsunami 2004. 

Titian Foundation adalah sebuah organisasi yang dikelola oleh relawan secara profesional, yang fokus untuk membantu masyarakat Indonesia yang kurang beruntung melalui peningkatan pendidikan, pengetahuan dan keahlian.

Bekerjasama dengan sesama LSM, pemerintah, perusahaan nasional dan multinasional, Titian Foundation menyediakan dukungan jangka panjang yang berkesinambungan kepada masyarakat kurang mampu dan korban bencana alam atau konflik. Adapun tujuan utamanya adalah meningkatkan pendidikan, pengetahuan, dan keterampilan masyarakat Indonesia, demi mendayagunakan, membangkitkan kepercayaan diri, serta mendorong perkembangan masyarakat dan pelestarian warisan budaya.

Program yang diajukan Titian Foundation ialah Teacher Quality Improvement (TQI) / Program Pengembangan Kompetensi Guru. Yang pada implementasinya akan mengadakan pelatihan dengan peserta yang relatif homogen (guru SD/guru kelas baik kelas rendah maupun kelas tinggi; atau guru SMP dengan rumpun mata pelajaran yang sama, yaitu rumpun Bahasa, rumpun Sains, rumpun Ilmu Sosial, rumpun Matematika, dan rumpun Bimbingan Konseling).