Pendidikan Bumi Kartini Jepara (Yayasan)

Judul Proposal

Peningkatan Kompetensi, Mutu Pembelajaran dan Tata Kelola Sekolah di Kawasan Pedalaman dan Kepulauan Karimunjawa Kabupaten Jepara

Regional Sasaran

Kab. Jepara, Provinsi: Jawa Tengah

Alamat Organisasi

Jl.Cangkring (Jepara-Bangsri), RT 3 RW 1, Kel. Kuwasen, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

Profil

Kebutuhan masyarakat akan pendidikan dasar yang berkualitas berkembang luas di Indonesia, termasuk di Kabupaten Jepara. Kebutuhan ini seiring dengan tumbuhnya kesadaran masyarakat akan kompleksitas tantangan era globalisasi pada satu sisi dan adanya stagnasi mutu lembaga-lembaga pendidikan baik yang dikelola pemerintah maupun swasta/masyarakat pada sisi yang lain.

Sebagaimana pendidikan dalam kultur religius di Indonesia, dunia pendidikan masih dibedakan menjadi dua bagian, yaitu pendidikan umum (mengajarkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi) dan pendidikan keagamaan (mengajarkan penguasaan ilmu-ilmu keagamaan/keislaman). Dipagi hari anak-anak sekolah di SD/MI, dan dilanjutkan pada sore hari di madrasah diniyyah (sekolah keagamaan) dengan ruang dan tempat yang berbeda. Keduanya memiliki persamaan pada aspek pembangunan mental moral-etika dan karakter peserta didik. Belakangan model ini (sekolah pagi dan sore) mulai kurang mendapatkan sambutan dan cenderung ditinggalkan. Karena berbagai sebab, orang tua/masyarakat kini lebih memilih sekolah dasar yang “mengintegrasikan” keduanya dalam satu sistem pengajaran pendidikan dasar yang dikelola oleh satu manajemen sekolah, yang kemudian dikenal dengan sebutan sekolah dasar terpadu, sering dikenal pula dengan sebutan full day school.

Di jaman globalisasi ini, bahasa asing (Inggris dan Arab) sangat mutlak diajarkan sejak pendidikan dasar. Interaksi dan pergaulan umat manusia antar negara dan bangsa di dunia mengharuskan generasi kita mampu berkomunikasi dengan bahasa dunia (Inggris). Sementara bahasa Arab sangat penting bagi pemahaman dan pengembangan Quran dan ilmu-ilmu keagamaan lainnya. Banyak kaum berpendidikan di lingkungan kita bisa berbahasa Arab tapi sangat jarang bisa berbahasa Inggris. Metode pembelajaran menggunakan PAKEM (Pendidikan Aktif Kreatif dan Menyenangkan) masih lemah di sekolah sekolah dasar pada umumnya. Model ceramah dimana dimana guru menjadi pusat pembelajaran (teacher centered) sudah tidak relevan. Sudah jamannya menggunakan metode pembelajaran aktif (active learning) yang menjadikan anak sebagai pusat pembelajaran (student centered) sehingga pembelajaran menjadi jauh lebih bermakna (better teaching and learning).

Visi

Terwujudnya Generasi Bangsa Yang Berilmu dan Berakhlaqul Karimah

Misi 

  • Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas.
  • Melahirkan generasi pemimpin bangsa yang handal.
  • Mewujudkan kesejahteraan bersama.