Sekolah Menyenangkan (Yayasan)

Judul Proposal

Transformasi Sekolah untuk Peningkatan Kompetensi Abad 21 melalui Gerakan Akar Rumput Berbasis A-whole-school-approach

Regional Sasaran

  1. Kota Cirebon, Provinsi: Jawa Barat
  2. Kab. Boyolali, Provinsi: Jawa Tengah
  3. Kota Semarang, Provinsi: Jawa Tengah
  4. Kab. Bantul, Provinsi: DI Yogyakarta
  5. Kab. Sleman, Provinsi: DI Yogyakarta
  6. Kab. Gunung Kidul, Provinsi: DI Yogyakarta
  7. Kab. Kulonprogo, Provinsi: DI Yogyakarta
  8. Kota Yogyakarta, Provinsi: DI Yogyakarta
  9. Kab. Tangerang, Provinsi: Banten
  10. Kota Tangerang Selatan, Provinsi: Banten
  11. Kab. Supiori, Provinsi: Papua

Alamat Organisasi

Jl. Lempongsari Raya Gg. IV No. B39 Randuguang, Kel. Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, D.I. Yogyakarta.

Profil

Berawal dari pengalaman perubahan yang dialami oleh pendirinya, Muhammad Nur Rizal, dan sang istri, Novi Poespita Candra. Pengalaman ini didapatkan ketika Rizal dan Novi tinggal di Melbourne, Australia untuk menempuh studi doktoral. Mereka menemukan inspirasi dari ketiga buah hatinya yang sangat mencintai sekolahnya. Dari situ, mereka melihat pendidikan Australia yang berbeda jauh dengan pendidikan Indonesia. Bahkan bisa dibilang bahwa pendidikan Indonesia tertinggal 128 tahun dari Australia. Pendidikan Australia unggul dari segi kurikulum yang lebih bagus, lebih menyenangkan, dan disesuaikan dengan kelebihan tiap anak. Bahkan, anak-anak mereka justru rindu pergi ke sekolah saat liburan.

Inspirasi ini dikembangkan saat mereka pulang ke Indonesia dengan membangun GSM pada tahun 2016. Rizal dan Novi merasa prihatin dengan pendidikan Indonesia yang masih mematok nilai dan ujian, padahal sebetulnya anak-anak bisa belajar dengan metode yang lebih menyenangkan. Dalam praktiknya, GSM merangkul sekolah-sekolah pinggiran yang tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah. Tujuannya agar kualitas sekolah pinggiran juga bisa terangkat.

Visi & Misi

Menjadikan sekolah-sekolah di Indonesia memiliki lingkungan belajar yang positif, menyenangkan, aman, dan membangkitkan semangat belajar siswa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan karakter baik anak-anak Indonesia.

  • Pelatihan

Melatih pengembangan profesi bagi guru dan kepala sekolah berdasar riset dan praktik menggunakan konsep GSM maupun a whole school approach.

  • Pengembangan

Mengembangkan modul pengembangan guru berdasarkan riset dan evidence baik secara daring maupun cetak.

  • Pendampingan

Melakukan pendampingan  pada sekolah-sekolah di Indonesia secara daring maupun luring.

  • Perubahan

Menciptakan sekolah-sekolah model yang akan memperluas jejaring perubahan pada sekolah-sekolah lain di sekitarnya.